Senin, 27 Februari 2012

Analisis Hasil Penelitian Tentang Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar (Abstrak)


Pada kurikulum sekolah dasar terdapat mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang diberikan pada kelas IV, V, dan VI. Sesuai dengan kurikulum, tujuan mata pelajaran IPS adalah memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan pengetahuan, ketrampilan, dan nilai agar mereka menjadi warganegara yang berpartisipasi aktif dalam masyarakat yang demokratis. Pelajaran IPS diharapkan mampu mengembangkan kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal pada siswa, sehingga bisa berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan bermasyarakat secara demokratis. 
Kecerdasan intrapersonal merupakan pengetahuan aspek-aspek internal dari seseorang meliputi akses tanggung jawab, mengendalikan emosi, sehingga mempunyai model hidup yang efektif. Kecerdasan interpersonal dibangun atas kemampuan untuk mengenali perbedaan orang lain seperti suasana hati, temperamen, motivasi, dan kehendak orang lain, yang memungkinkan seseorang mempunyai keterampilan membaca kehendak dan keinginan orang lain. Bertolak dari kenyataan bahwa pelajaran IPS diberikan sejak kelas IV sampai kelas VI, maka siswa kelas VI akan memiliki kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal lebih baik dibandingkan dengan siswa kelas IV.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana kecenderungan perkembangan kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal ditinjau dari lama belajar IPS.
Penelitian ini bersifat ex post facto yakni penelitian yang dilakukan tanpa adanya pengendalian atau manipulasi pada variabel-variabel karena telah terjadi sebelumnya. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pelajaran IPS kelas IV, V, VI serta variabel terikat adalah peningkatan kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal kelas IV, V, VI. Penelitian dilakukan di sekolah dasar di wilayah kecamatan Jombang yakni di SDN Jabon I, SDN Jombatan IV, SDN Jombatan V, SDN Jombatan VI, dan SDN Kaliwungu II dengan subyek siswa kelas IV, V, dan VI yang seluruhnya berjumlah 409 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan skor rata-rata yang dicapai menurun, baik dari kecerdasan intrapernal maupun interpersonal siswa ditinjau dari lama belajar IPS. Penurunan skor rata-rata dimulai dari kelas IV lalu kelas V, kemudian terendah kelas VI. Penurunan skor tersebut menggambarkan menurunnya kualitas perkembangan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal siswa.

2 komentar: